Selasa, 20 Oktober 2009

BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Pada prinsipnya segala macam upaya yang mengacu ke arah peningkatan kualitas pendidikan seiring dengan laju kuantitasnya, telah diberdayakan sejak kesadaran akan pentingnya peningkatan sumber daya manusia, lebih-lebih pada era reformasi dan demokratisasi pendidikan yang sedang gencar dicanangkan sekarang ini.
Upaya banyak ditempuh di antaranya pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan, pelatihan kompetensi tenaga pendidikan, maupun perbaikan manajemen sekolah.
SDN Gentong merupakan salah satu lembaga pendidikan yang leg
al yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan yang saat ini terus berusaha mengembangkan diri untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan berbagai macam upaya. Upaya-upaya yang dilaksanakan adalah mewujudkan pilar-pilar MBS yaitu Transparansi dan Akuntabilitas, pembelajaran yang Pakem, serta peningkatan Peran Serta Masyarakat.

B. Tujuan

Profil SDN Gentong ini dibuat secara ringkas, padat, dan sederhana dengan tujuan untuk memberikan gambaran dengan jelas tentang keberadaan SDN Gentong beserta aspek yang menyertainya sekaligus sebagai acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di SDN Gentong.

C. Pengertian

Profil SDN Gentong adalah uraian gambaran riil tentang situasi dan kondisi serta kemampuan yang dimiliki sekolah sebagai bahan acuan untuk mengetahui lebih jauh keberadaan SDN Gentong.

D. Ruang Lingkup

Ruang lingkup Profil SD meliputi keberadaan SDN Gentong Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan dengan kultur yang agamis.



BAB II

PROFIL SD NEGERI GENTONG


A. Gambaran Umum

SD Negeri Gentong adalah salah satu Sekolah Dasar Negeri di Kota Pasuruan yang berlokasi di Kelurahan Gentong Kecamatan Gadingrejo. SDN Gentong berbatasan langsung dengan Kelurahan Sebani sebelah selatan, Kelurahan Karanganyar sebelah timur, Kelurahan Gadingrejo sebelah utara, dan Kelurahan Petahunan sebelah barat. Letaknya yang strategis menyebabkan arus murid banyak dari kelurahan terdekat masuk ke SDN Gentong.

Di samping itu wilayah Gentong terkenal dengan industri mebel dan home industry kerajinan tangan dari kayu, sehingga wali muridnya sebagian besar bermata pencaharian sebagai wiraswastawan dan tukang / buruh di bidang industri mebel, misalnya tukng kayu, tukang plitur, dan tukang bursak. Selain itu wali murid banyak dari kalangan TNI karena lokasi SDN Gentong dekat dengan Asrama Sipur.

SD Negeri Gentong didirikan sejak 60 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1947 dengan jumlah murid 41 orang, jumlah guru 3 orang termasuk Kepala Sekolahnya. Luas tanahnya 575 m2, terdiri dari 1 lokal ruang belajar yang disekat menjadi 4 ruangan, terbuat dari bambu. Ketika itu SDN Gentong bernama Sekolah Rakyat (SR) yang terdiri dari kelas I sampai dengan kelas III.

Dalam perjalanannya, SDN Gentong awalnya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Pasuruan Kecamatan Pohjentrek, pada tahun 1984 seiring dengan pemekaran wilayah Kotamadya Pasuruan, sejak itu SDN Gentong berada dalam wilayah kerja Dinas P Dan K Kota Pasuruan.

Seiring dengan berjalannya waktu, SDN Gentong yang berada di pinggiran pusat kota ini, selalu berusaha untuk memperbaiki diri, sedikit demi sedikit tapi pasti. Perubahan yang signifikan sampai saat ini, tahun 2007, bisa dibuktikan dengan perubahan profil sekolah, prestasi yang diraih, baik di bidang akademik maupun non akademik.

Pelaksanaan MBS di SDN Gentong ini mulai nampak walaupun sebagai SD imbas. Sekolah dan masyarakat berupaya mewujudkan pilar-pilar MBS, yaitu Transparansi Manajemen, Pembelajaran Pakem dan Peran Serta Masyarakat.

Upaya-upaya tersebut pada akhir-akhir ini bisa dirasakan hasilnya. Masyarakat yang dulunya pasif sekarang perubahannya sangat signifikan terbukti dengan terbentuknya paguyuban kelas, yang masing-masing paguyuban berupaya aktif untuk membantu menciptakan suasana kelas yang kondusif. Bantuan wali murid dan masyarakat bisa dirasakan baik berupa materil, tenaga, maupun ide/pemikiran.

Masyarakat yang sangat antusias membantu meningkatkan mutu pendidikan di SDN Gentong ini terjadi setelah mereka melihat adanya kenyataan, perubahan fisik, dan prestasi yang diraih oleh sekolah, ditambah lagi adanya transparansi manajemen dan akuntabilitas dari pihak sekolah kepada seluruh masyarakat merupakan pendorong bagi masyarakat untuk berperan serta.

Keberadaa SDN Gentong saat ini, membuat semua warga sekolah berupya terus menerus untuk mempertahankan yang sudah kita miliki dan berupaya untuk mencapai yang belum kita miliki termasuk prestasi yang belum sempat kita gapai. Kegagalan adalah merupakan keberhasilan yang tertunda, itulah moto kita.

Upaya sekolah dalam rangka menciptakan peningkatan mutu lulusan maupun mutu pendidikan telah berlangsung melalui kegiatan pembelajaran yang optimal., kegiatan ekstra kurikuler, dan mengoptimalkan PSM.

Demikian sekilas gambaran tentang SDN Gentong yang sedang berkembang, semoga terus berkembang berkat didukung oleh semua komponen yang ada di dalamnya serta masyarakat, wali murid yang bergabung dalam Paguyuban di masing-masing kelas dan Komite Sekolah.

B. Visi, Misi, dan Tujuan SD Negeri Gentong

Visi : Mewujudkan sekolah yang berprestasi, mandiri, berbudi pekerti luhur, unggul dalam ilmu

pengetahuan dan teknologi berdasarkan iman dan taqwa.

Misi :

1. Meningkatkan iman dan taqwa para siswa melalui kegiatan intra dan ekstra kurikuler yang efektif.

2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif (Pakem) sehingga siswa dapat

mengembangkan kemampuan akademik dengan prestasi yang dimiliki.

3. Meningkatkan kualitas guru melalui pembinaan secara profesional.



Tujuan :

1. Meningkatkan iman dan taqwa melalui kegiatan intra kurikuler pembelajaran PAI dengan cara

meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa dalam baca tulis huruf-huruf Al-Qur’an

2. Meningkatkan iman dan taqwa melalui kegiatan intra kurikuler pembelajaran PAI dengan cara

meningkatkan kualitas kegiatan praktek pembelajaran pelaksanaan peribadatan

(hubungan dengan Allah) dan hubungan sesama manusia.

3. Meningkatkan iman dan taqwa melalui kegiatan intra kurikuler dengan cara melaksanakan

peringatan hari-hari besar agama Islam secara rutin

4. Meningkatkan iman dan taqwa melalui kegiatan ekstrakurikuler pembelajaran PAI dan

pengembangan kesenian Islami sesuai mulok daerah Pasuruan (Hadrah/samroh/al-banjari)

5. Meningkatkan iman dan taqwa melalui kegiatan intrakurikuler bagi pembelajaran agama non

Islam dengan menjalin kerjasama dengan instansi terkait serta lembaga keagamaan non-Islam

6. Mengembangkan dan meningkatkan pembelajaran Pakem pada semua bidang

pembelajaran/mata pelajaran

7. Mengembangkan bakat, minat siswa dalam kegiatan pembelajaran secara intra dan ekstra

kurikuler sesuai kompetensi siswa bidang akademik, kesenian dan olahraga

8. Memberikan/mengembangkan kegiatan layanan bimbingan pada siswa baik bimbingan belajar

maupun bimbingan umum/bimbingan karier dsb.

9. Meningkatkan kualitas guru dengan cara mengikutsertakan dalam kegiatan pelatihan /penataran

maupun diklat atau Bimtek dsb. Sesuai dengan inovasi pendidikan .


C. Nama dan Alamat SD Negeri Gentong

Nama : SD Negeri Gentong

Jalan : KH. Sepuh No. 49 Telp. : (0343) 423220

Kecamatan : Gadingrejo

Kota : Pasuruan


D. Struktur Organisasi dan Diagram

1. Struktur Organisasi Komite Sekolah

2. Struktur Organisasi Sekolah


3. Struktur Organisasi 7 K


4. Struktur Organisasi Paguyuban Kelas 4A

* Catatan : Organisasi Paguyuban Kelas ada di setiap kelas.

5. Diagram Arus Siswa

Keterangan :

1. Gentong : 268

2. Gadingrejo : 103

3. Sebani : 23

4. Purworejo : 4

5. Karang Anyar : 3

6. Tembok : 1
J U M L A H : 402


6. Diagram Pekerjaan Orang Tua Siswa/Wali

E. Potensi Sekolah

1. Peserta Didik dan Rombongan Belajar (Rombel).

No

Kelas

Jumlah Murid

Jumlah

Rombel

Keterangan

L

P


1

2

3

4

5

6


Kelas I

Kelas II

Kelas III

Kelas IV

Kelas V

Kelas VI



40

38

34

32

39

29


29

42

35

27

26

31


2

2

2

2

2

2


Kelas paralel

A-B


Jumlah

212

190

12


2. Guru dan Karyawan

No

Jabatan

Tingkat Pendidikan

Jumlah

S2

S1

D3

D2

SLTA


1

2

3

4

5


Kepala Sekolah

Guru Kelas

Guru Matpel

Karyawan/Petugas Khusus

Pembantu Pelaksana




1

4

5

2



8

1


1

1

2


1

12

7

3

2


Jumlah


12


9

4

25

3. Prestasi Sekolah

1. Juara I Lomba Guslah Tk. Kota Pasuruan Tahun 2007 - 2008

2. Juara III LLSS Tk. Kota Pasuruan Tahun 2007 - 2008.

3. Juara V UPA Tk. Kota Pasuruan 2006 – 2007

4. Juara III Lomba Monumen UKS Tingkat Kota Pasuruan Tahun 2008

5. Juara I Lomba Gugus Sekolah Tingkat Korwil Prop. Jawa Timur Tahun 2008

6. Juara I Lomba Si Cerdik Tingkat Kota Tahun 2008

7. Juara I Lomba Tiwisada Tingkat Kota Tahun 2008

8. Masuk 6 besar Lomba Gugus Sekkolah Tingkat Propinsi Tahun 2008

4. Prestasi Guru

1. Juara I Lomba Guru Berprestasi Tingkat Kota Pasuruan Tahun 2008

5. Prestasi Siswa

A. Hasil Lomba

No

Jenis Prestasi

Tingkat

Kejuaraan

Nama

SD

Keterangan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46


47

48


49


50


51

52

53

54

Juara III Mapel (Pi )

Juara VI Bahasa Indonesia (Pi)

Juara VII Olimpiade Mat. (Pi)

Juara VI Olimpiade IPA (Pi)

Juara IV Pelajar Berprestasi (Pi)

Juara I Lompat Jauh (Pi)

Juara II Lompat Jauh (Pa)

Juara III Lari 80m (Pi)

Juara IV Lari 80m (Pi)

Juara I Lari 80m (Pa)

Juara II Tolak Peluru (Pa)

Juara IV Mapel (Pi)

Juara V Paduan Suara (Pi)

Juara II Gerak Jalan (Pi)

Juara III Gerak Jalan (Pa)

Juara IV Tenes Meja (Pi)

Juara V Lomba Mapel (Pi)

Juara III Lomba Siswa Prestasi

Juara I Lomba Bhs Ind. (Pa)

Juara II Tekh. sederhana (Pa)

Juara III IPA (Pi)

Juara III Matematika (Pa)

Juara II Sinopsis (Pi)

Juara III Paduan Suara (Pi)

Juara II Bulu Tangkis (Pi)

Juara I Catur (Pa)

Juara I Puisi (Pi)

Juara I Puisi (Pi)

Juara III Tari (Pi)

Juara II Paduan Suara (Pi)

Juara II Lari 60 m (Pi)

Juara III Paduan Suara (Pi)

Juara II Lari 60 m (Pi)

Juara III Paduan Suara (Pi)

Juara III Siswa Telada (Pa)

Juara IV Siswa Teladan (Pi)

Juara III Paduan Suara (Pi)

Juara I Melukis (Pi)

Juara I Mengarang Puisi (Pi)

Juara II TeknologiSederhana(Pi)

Juara IV Komputer (Pa)

Juara I Voly (Pi)

Juara Harapan II Melukis (Pi)

Juara II Siswa Teladan Putra

Juara II MIPA Hardiknas

Juara III Lomba Mencipta dan Membaca Puisi Kreatifitas Anak

Juara III Lomba Pidato HAN

Juara II Lomba MIPA HARDIKNAS


Juara II Lomba Bercerita dan
Mendongeng Putra HARDIKNAS

Juara Harapan II Lomba Bercerita dan Mendongeng Putri


Juara I Lomba Pantomim

Juara I Lomba Lukis HAN

Juara II Lomba Senam SSKS

Juara I Lomba Tenes Meja

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kecamatan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kecamatan

Kecamatan


Kota Pasuruan

Kota Pasuruan


Kota Pasuruan


Kota Pasuruan


Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

Kota Pasuruan

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Genong

SDN Gentong


SDN Gentong

SDN Gentong


SDN Gentong


SDN Gentong


SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

SDN Gentong

2004

2004

2005

2005

2005

2005

2005

2005

2005

2005

2005

2005

2005

2005

2005

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2006

2007

2007

2007

2007

2007

2007

2007

2007

2007

2007

2008

2008

2008


2008

2008


2008


2008


2008

2008

2008

2008

B. Hasil Belajar (rata-rata Ulangan Akhir Semester Tahun 2005-2006 s/d 2007-2008)

No

Semester

Nilai Mata Pelajaran

PAI

PKN

Bhs.

Ind.

Mat

IPA

IPS/ PKPS

Penjas

KTK

Bhs.

Jawa

Bhs.

Ing.

Rata-

rata

1

2005-2006

Semester I

Semester II

77.6

84.5

-

-

79.8

77.1

71.6

69.0

71

75.1

76.5

78.1

68.3

70.1

72.1

72.1

70.1

70.2

63.8

71.0

72.3

74.1

2

2006–2007

Semester I

Semester II

76.7

80.7

-

-

74.5

66.7

67.8

62

71.4

64.7

70.8

63.2

70.5

64.9

71.2

65.3

69

61.7

68.5

58

71.1

65.2

3

2007–2008

Semester I

Semester II

77.9

74.3

70.3

68.1

71.3

68.9

68.1

62.8

73

66.6

72.4

67.7

71.2

65.8

71.2

64.5

72.2

63.7

64

64.3

71.2

66.7














C. Hasil UAS tapel 2005-2006 dan 2007-2008

No

Tahun

Nilai Mata Pelajaran

Rata-

rata

PAI

PPKn

Bhs.

Ind.

Mat

IPA

IPS

Bhs. Jawa

Bhs. Ing.

P.Jas

KTK

1

2005-2006

88.5

81

80.5

68.5

79

87

82.5

82

73

73.5

71

2

2006-2007

85.4

83.2

83.2

82.4

76.9

82.7

81.3

73.6

76.3

75.4

80

3

2007-2008

76.3

75.4

82.7

81.3

73.6

83.2

82.4

76.9

85.4

83.2

80

6. Sarana dan Prasarana

6.1 Jumlah Ruangan/Bangunan

Jenis Ruang

Jumlah

Keterangan


1. Ruang Kepala Sekolah

2. Ruang Dewan Guru

3. Ruang Lab IPA

4. Ruang UKS

5. Ruang Perpustakaan

6. Sanggar Pramuka

7. Koperasi dan Warung Sekolah

8. Kamar Mandi/WC

9. Ruang Kelas

10. Ruang Komputer/VCD

11. Musholla

12. Gudang

13. Bak Pasir Lompat Jauh

1

1

1

1

1

1

1

3

12

1

1

1

1


6.2 Barang Mebeller

No

Nama Barang

Bahan

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

Rs Brt

1

Almari

Kayu

32

32


-

2

Kursi Murid

Kayu

466

466


-

3

Meja Murid

Kayu

249

224

25

-

4

Rak Buku

Kayu

15

15


-

5

Papan Tulis

Kayu

21

21


-

6

Meja Baca Perpus

Kayu

10

10


-

7

Mading Jalan

Kayu

1

1


-

8

Mading Tempel

Kayu

14

14


-

9

Kursi Tamu

Kayu

3

3


-

10

Almari Data

Kayu

4

4


-

11

Almari Komputer

Kayu

2

2


-

12

Almari Etalase

Kayu

2

1

1

-

13

Meja Sirkulasi

Kayu

1

1


-

14

Rak Majalah

Kayu

2

2


-

15

Lemari Koleksi CD

Kayu

1

1


-

16

Meja Komputer

Kayu

2

1

1

-

17

Meja Kepala Sek

Kayu

1

1


-

18

Kursi Kep Sek.

Besi

1

1


-

19

Papan Pajangan

Kayu

15

15


-

20

Kotak Katalog

Kayu

1

1


-

21

Papan Visi Misi

Kayu

1

1


-

22

Meja Bunga

Kayu

1

1


-

23

Meja Koran

Kayu

1

1


-

24

Kursi Lipat

Besi

12

10

2

-

25

Bangku Panjang

Kayu

1


1

-

26

Papan Pengumuman

Milamin

1

1


-

27

Papan Pengumuman

Kayu

2

2


-

28

Tempat Tidur

Kayu

2

2


-

29

Meja Guru

Kayu

14

14


-

30

Kursi Guru

Kayu

14

14


-

31

Sketsel

Kayu

1

1


-

32

Kotak Obat

Kayu

14

14


-

33

Kursi Plastik

Plastik

5

5


-

34

Tempat Peta

Kayu

1

1


-

35

Tempat Koran

Kayu

1

1


-

36

Dampar

Kayu

24

20

4

-

6.3 Alat Peraga

No

Nama

Bahan

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

Rs Brt

1

Gambar (PPKn)

Kertas

150

150



2

Kartu Kata

Kertas

12

12



3

Bangun Ruang

Plastik

96

96



4

Bangun Datar

Plastik

84

84



5

Sempoa

Kayu

44

44



6

Peta

Kertas

84

84



7

Globe

Plastik

3

3



8

Kit Murid

Aneka

2set

2set



9

Kit Guru

Aneka

1set

1set



No

Nama

Bahan

Jumlah

Kondisi

Baik

Rusak

Rs Brt

10

Kerangka Manusia

Plastik

2


2


11

Gambar (IPA)

Kertas

72

50

22


12

Alat Penjaskes

Kayu

66




13

Al Qur’an Juz Amma

Kertas

15

15



14

Al Qur’an Qiroati

Kertas

81

81



15

Huruf-huruf Hijaiyah

Kertas

24

14

10


16

Gambar Peraga Sholat

Kertas

2

2



17

Mikroscop

Kaca

3

3



18

Model Mata

Plastik

2

2



19

Peraga Saraf

Plastik

8

8



6.4 Buku

No

Nama Buku

Jumlah Judul

Jumlah Buku

Keterangan

1

2

Fiksi

Non Fiksi

925

2912

975

3415



Jumlah

3837

4390



7. Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada pagi hari. Model pembelajaran bervariasi disesuaikan dengan mata pelajaran dan materi pembelajaran, dengan mayoritas pembelajaran model Pakem (pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan).

Di samping pembelajaran dilaksanakan pada jam belajar (pagi sampai siang) ada pula tambahan jam pelajaran pada siang hari sepulang sekolah dan pagi hari sebelum masuk, dengan jadwal dan waktu yang telah ditentukan.


8. Kegiatan Ekstra Kurikuler

Bidang Kegiatan

Jenis Kegiatan

Waktu

Ket

1. Penjaskes







2. Pramuka


3. Kesenian






4. Ketrampilan

1. Renang


2. Atletik

3. Volly

4. Tenis Meja


1. Melakukan Program


1. Al-Banjari Modern


2. Paduan Suara

3. Seni Lukis

4. Seni Tari


1. Komputer


Selasa, Kamis, Sabtu

Jam : 01.00 WIB

Senin Jam : 03.00 WIB

Rabu Jam : 03.00 WIB

Rabu Jam : 04.00 WIB


Jum’at Jam : 03.00 WIB


Selasa, Sabtu

Jam : 03.00 WIB

Sabtu Jam 12.00 WIB

Sabtu Jam 12.00 WIB

Sabtu Jam 12.00 WIB


Senin s/d Sabtu
Jam : 12.00 – 13.30 WIB


9. Denah Sekolah


DENAH

SDN GENTONG



BAB III

PENUTUP


Rasa syukur senantiasa terucap dari insan yang penuh dengan kekurangan ini atas terselesaikannya penyusunan Profil SD Negeri Gentong pada tahun pelajaran 2007-2008. Mudah-mudahan senantiasa bermanfaat dan menjadi pendorong bagi kami untuk melaksanakan tugas mulia sebagai pendidik anak-anak bangsa ini. Dan semoga bisa menjadi pemacu semangat kami untuk terus berupaya meningkatkan prestasi dan mutu yang lebih baik lagi bagi keluarga besar SD Negeri Gentong di masa sekarang dan masa-masa yang akan datang.


A. Kesimpulan

Keberadaan SD Negeri Gentong akan berfungsi dan memberikan manfaat yang maksimal bagi warga dan lingkungan di sekitarnya bergantung pada seluruh komponen yang ada di dalamnya. Bukan hanya mengandalkan potensi guru dan siswanya saja tetapi keterlibatan aktif dari masyarakat dan stake holdernya ikut menentukan.

B. Saran

Menyadari betapa pentingnya kerja sama yang sinergis dan kondusif antar komponen yang ada di SD Negeri Gentong, maka sudah sepantasnyalah pihak sekolah lebih berani membuka diri untuk menerima saran dan masukan dari pihak-pihak lain demi peningkatan mutu pendidikan dan sudah saatnya sekolah lebih transparan dan akuntabil agar bisa memperoleh kepercayaan yang lebih baik lagi dari pihak-pihak yang terkait dengan dunia pendidikan.

Akhirnya atas nama keluarga besar SD Negeri Gentong Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan senantiasa mengharap pada semua pihak untuk memberikan sumbang pikir agar di masa-masa mendatang SD Negeri Gentong dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan mutu pendidikan dan kualitas hasil pendidikan di Sekolah Dasar.Semoga Allah SWT senantiasa menyertai perjuangan kita.


Pasuruan, Juli 2008

Penyusun

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar